Monday 6 October 2008

Sego Abang - Barat Jembatan Jirak Semanu

Minggu (Lebaran H+4) saya ngikut sodara ke Gunung Kidul, yang salah satu agendanya makan Sego Abang atau Nasi Merah. Rute perjalanan menuju tkp dapat ditempuh dengan mengikuti jalan arah wonosari kota dan terus lurus saja, lewat Playen menuju Semanu. Jika benar kita akan menemui jalan turunan yang diikuti dengan jembatan. Jika kita telah melewati jembatan berarti sudah keblandang, krn warung Sego Abang ini terletak di sebelum (dr arah Jogja) jembatan Jirak Semanu dan di sebrang jalan (dr arah Jogja). Ketika kami sampai disana, sudah terlihat banyak mobil yang parkir di depan warung yang terlihat cukup sederhana dengan kain bertuliskan Rumah Makan Lesehan Pari Gogo - Barat Jembatan Jirak Semanu. Di dalam, kita bisa memilih tempat makan yang dimodel lesehan panggung walaupun tersedia model meja dengan kursi.

Masuk warung langsung cari tempat duduk, jangan kaget kalo disana selalu rame. Panggil pelayan untuk membersihkan bekas makan orang dan sekalian pesan minum. Menu akan dihidangkan (spt di rm padang) oleh para pelayan yang jumlahnya hanya empat orang. Menu yang disajikan meliputi sego abang (nasi merah) yg disajikan dalam ceting, sayur tempe lombok, ikan wader goreng, belalang goreng, baceman iso babat, baceman daging, sayur godhong telo, trancam, sambel di cobek kecil. Untuk minuman teh panas disajikan dalam poci keramik tetapi untuk yang lain di gelas biasa. Semua minuman menggunakan gula batu.

Tips
  • Cari tempat lesehan deket dengan kasir, biar kalo butuh apa2 bisa tinggal panggil or langsung teriak (kita gak bisa berharap dilayani tp kita harus proaktif)
  • Jangan lupa pesan nasi merahnya yang panas/anget biar lebih enak.
  • Tanyakan: '1 ceting nasi bisa utk brp orang', dan kalo masih dirasa kurang beli lagi.
  • Lauk yang potongan (daging, babat, dll.), usahakan habiskan 1 piring dulu karena itungannya per piring. tp kalo wader tergantung yang kita makan (kita makan setengah ya ntar akan dihargai setengah lebih dikit)
  • Silahkan coba menu: nasi merah anget, sayur tempe lombok, belalang goreng, wader goreng dan baceman iso babat.
  • Gunakan basa jawa agar tidak terlalu seperti turis, krn ada yang bilang harganya tergantung orang yang beli. Tapi puas deh krn rasanya enak.

2 comments:

  1. nasi merah tuh maksud nya nasi yg dari beras merah ya?..emang enak?...

    ReplyDelete
  2. @novnov
    enak loh nasi merah, tahan lama kenyangnya. malah denger2 bagus utk org yg mo diet.

    ReplyDelete